tipe dan variasi batik

Batik keraton Jawa adalah batik tertua yang dikenal di Jawa. Biasa juga dikenal dengan Batik Pedalaman, dimana sangat berbeda dengan tipe dan variasi dari Batik Pesisiran.

batik-soganBatik keraton Jawa mengadopsi warna-warna alam seperti hitam, coklat, dan kuning tua (sogan). Motif-motif dari batik Jawa mempunyai makna simbolis. Dan bahkan ada beberapa desain yang terlarang, sebagai misal ada beberapa motif batik yang hanya boleh dipergunakan oleh kalangan tertentu, dan bahkan ada beberapa motif yang tidak cocok untuk dipergunakan oleh perempuan, atau kurang cocok dipergunakan pada acara-acara tertentu.

Dua daerah atau kota di Jawa yang terkenal dengan sejarah munculnya batik adalah :

  1. Surakarta, batik solo. Pada saat itu banyak sejarah-sejarah batik yang lahir dari Kerajaan Susuhunan dan Mangkunegaran. Adapun tipe dari batik solo adalah warna sogan yang digunakan sebagai background atau latar. Dimana tempat yang terkenal dengan hasil batiknya adalah Laweyan (saat ini terkenal dengan Kampoeng Batik Laweyan), dan Kauman.
  2. Yogyakarta. Pada saat itu banyak sejarah-sejarah batik yang lahir dari Sultan Yogyakarta dan Kerajaan Pakualaman. Tipe batik jogja biasanya menggunakan warna putih sebagai background-nya. Tempat yang terkenal dengan hasil batiknya adalah Kampung Taman.

Facebook Twitter RSS